Skip to main content

Ini Penjelasan Ilmiah Penyebab GelombangPanas di India

Jakarta- Gelombang panas mencapai 50 derajat celcius terjadi di India beberapa hari belakangan. Akibatnya, lebih dari 1.100 orang tewas bahkan aspal pun sampai meleleh.Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memiliki analisis ilmiah terkait kejadian ini.

Fenomena gelombang panas di India terjadi karena perluasan pola musim panas."Beberapa hari yang lalu kita dikejutkan dengan fenomena aliran udara panas yang melanda India, di mana dilaporkan sekitar 1.100 orang meninggal dunia di wilayah Andrha, Pradesh dan Telanggana.

Badan Meteorogi India mencatat suhu udara pada 26 mei 2015 mencapai 48 derajat celcius, bahkan hingga malam hari pun dilaporkan suhu udara tetappanas," kata Kepala Bidang Informasi Meteorologi Publik BMKG, A. Fachri Radjab mengawali penjelasannya, Kamis (28/5/2015).

Penyebab utama fenomena ini adalah terjadinya perluasan pola musim panas di India. Suhu udara naik sekitar 5 derajat celcius dari suhu yang seharusnya. Ketika melewati permukaan, suhu menyebar dan bertambah panas."

Pada dasarnya aliran udara panas adalah sebuah pola musim panas yang meluas (extended summer),diindikasikan dengan suhu udara sekitar 5 derajat celcius di atas rata-rata suhu maksimumnya.

Ketika aliran udara panas ini melewati permukaan daratan yang luas, maka terjadi interaksi yang pada akhirnyamemperkuat aliran udara panas ini seperti yang terjadi di India," jelas Fachri."

Dari analisa kami, aliran udara panas ini diperkirakan masih akan bertahan dalam 5 hari ke depan di sekitar wilayah utara dan timur laut India.Bagi warga Indonesia yang sedang berada di sana agar mewaspadai fenomena ini," imbuhnya. Data paling terbaru, korban akibat gelombang panas di India sudah menembus angka 1.118 jiwa.

Pemerintah memberlakukan peraturan agar penduduk tak keluar rumah, namun tetap saja masih ada masyarakat yang keluar dari rumahnya, hingga akhirnya terkena gelombang panas.(kha/kha)

Comments

Popular posts from this blog

Tips Cara Menang Clan War di Clash Of Cland

JAKARTA - Game Clash of Clans (CoC) menyediakan beberapa modus permainan, baik Single Player maupun Multiplayer. Dalam permainan, gamer bisa bergabung dengan clan dan berpartisipasi dalam modus Clan War. Modus War bisa diikuti oleh mereka yang sudah bergabung dengan clan . War hanya bisa dimulai oleh leader atau co-leader yang merupakan pemimpin dalam clan tersebut untuk menekan tombol Start War. Untuk memulai War, clan harus memiliki minimal 10 anggota. Berita Rekomendasi ps Clash of Clans Serangan Giant & healer deo Kocak Game Clash of Clans di uTube Ada dua fase dalam Clan War, yakni preparation day dan battle day . Masa preparation day bisa digunakan untuk melihat base lawan, mempelajari celah untuk menyerang dan menyiapkan troops untuk menyerbu base lawan. Sedangkan battle day ialah waktu, di mana gamer bisa mulai melakukan serangan ke base lawan. Gamer hanya berkesempatan menyerang sebanyak dua kali dalam modus War. Keuntungan mengikuti War ialah, gamer bisa mendapat

Pengacara Senior Adnan Buyung Nasution Meninggal Dunia

Jakarta- Kabar duka datang dari ranah hukum. Pengacara senior Adnan Buyung Nasution meninggal dunia. Buyung selama beberapa hari ini memang menjalani perawatan di RS Pondok Indah, Jaksel. Buyung menghembuskan nafas terakhir pada pukul 10.17 WIB, Rabu (23/9/2015). Buyung menjalani perawatan sejak Jumat pekan lalu. "Keluarga ada di rumah sakit semua sekarang," terang seorang perempuan yang berada di rumah Buyung di Lebak Bulus, Jaksel. Kabar Buyung meninggal dunia ini juga sudah ramai disampaikan media sosial. Di berbagai forum juga menyampaikan duka untuk pria berusia 81 tahun yang akrab disapa Bang Buyung ini.(erd/dra) Sumber : detik.com (catatan inovLy) Pengacara Senior Adnan Buyung Nasution Meninggal Dunia .

Clash of Clans Apk Mod v.7.65.5

Clash of Clans Apk Mod v.7.65.5 Description From rage-­filled Barbarians with glorious mustaches to pyromaniac wizards, raise your own army and lead your clan to victory! Build your village to fend off raiders, battle against millions of players worldwide, and forge a powerful clan with others to destroy enemy clans.PLEASE NOTE! Clash of Clans is free to download and play, however some game items can also be purchased for real money. If you do not want to use this feature, please set up password protection for purchases in the settings of your Google Play Store app. Also, under our Terms of Service and Privacy Policy, you must be at least 13 years of age to play or download Clash of Clans. A network connection is also required. FEATURES ● Build your village into an unbeatable fortress ● Raise your own army of Barbarians, Archers, Hog Riders, Wizards, Dragons and other mighty fighters ● Battle with players worldwide and take their Trophies ● Join together with oth