Skip to main content

Begini Rumah Kediaman Soekarno Saat Diasingkan di Ende

Ende- Di tengah ramainya diskusi tentang kota kelahiran Presiden Soekarno, sudah pada tahu belum kalau dia pernah diasingkan di Ende, NTT tahun 1934-1938. Hingga kini, kediaman Soekarnodi Ende masih terawat dengan baik.

Rumah pengasingan Soekarno ini terletak di Jalan Perwira, Ende. Letaknya berjarak tak jauh dari pantai yang ada di kota tersebut. Rumah bercat putih ini memiliki halaman yang luas dengan rumput hijau. Meski usianya sudah cukup tua bangunan ini masi cukup terawat dan rapi.

Saat peringatan hari lahir Pancasila pada 1 Juni 2015 lalu, dapat dijumpai umbul-umbul dan juga bendera Merah Putih yang sengaja dipasang di halaman rumah ini. Tampak juga jendela berukuranlebar yang menjadi bagian rumahnya.Rumah itu pun terlihat luas, dengan banyak tanah lapang yang tersisa. Di bagian dalam terdapat foto-foto hitam putih saat Soekarno berada di Ende.

Selain itu terdapat beberapa ruangan, termasuk ruang tidur dan ruang tamu.Setelah memasuki pintu masuk, langsung terlihat barang-barang yang pernah digunakan Soekarno saat di pengasingan, termasuk biola yang pernah Soekarno mainkan. Biola ini sudah cukup rusak keadaannya. Di ruangan tempat tidur Soekarno juga masih terlihat ranjang yang biasa digunakan beliau.

Di bagian belakang terdapat ruangan yang biasa Soekarno gunakan untuk salat. Sedangkan dapur dan kamar mandi terletak terpisah dari bangunan utama. Di lokasi ini juga terdapat sumur yang biadadigunakan Soekarno untuk mengambil air.

Selain rumah pengasingan, di Ende juga terdapat pohon sukun yang kerap dijadikan Soekarno sebagaitempat merenung. Di bawah pohon itulah, Soekarnomendapatkan ilham soal Pancasila.

Comments

Popular posts from this blog

Tips Cara Menang Clan War di Clash Of Cland

JAKARTA - Game Clash of Clans (CoC) menyediakan beberapa modus permainan, baik Single Player maupun Multiplayer. Dalam permainan, gamer bisa bergabung dengan clan dan berpartisipasi dalam modus Clan War. Modus War bisa diikuti oleh mereka yang sudah bergabung dengan clan . War hanya bisa dimulai oleh leader atau co-leader yang merupakan pemimpin dalam clan tersebut untuk menekan tombol Start War. Untuk memulai War, clan harus memiliki minimal 10 anggota. Berita Rekomendasi ps Clash of Clans Serangan Giant & healer deo Kocak Game Clash of Clans di uTube Ada dua fase dalam Clan War, yakni preparation day dan battle day . Masa preparation day bisa digunakan untuk melihat base lawan, mempelajari celah untuk menyerang dan menyiapkan troops untuk menyerbu base lawan. Sedangkan battle day ialah waktu, di mana gamer bisa mulai melakukan serangan ke base lawan. Gamer hanya berkesempatan menyerang sebanyak dua kali dalam modus War. Keuntungan mengikuti War ialah, gamer bisa mendapat

Custom ROM CM11 Andromax C3

Custom ROM CM11 Andromax C3 Download File  LINK : CYANOGENMOD Apa saja yang terdapat di sana? CDMA - GSM GSM - GSM SIM 2 data on Belom sempet jelajah ROMnya jadi gk bisa kasih review banyak Tutorial Letakkan file ROM di SDCard Masuk CWM Recovery Lakukan backup (Jika tidak ingin terjadi hal yang tidak diinginkan) Lakukan full wipe data, cache, & dalvik Install zip from SDCard Pilih file ROM Reboot Bug None Fix Sinyal: Matikan SIM 2 di multi sim Tekan  *#*#4636#*#* Pilih CDMA auto ( jika mau CDMA-GSM ) Pilih GSM auto ( jika mau GSM-GSM) Update / refresh Nyalakan SIM 2 Video hijau: Pindahin semua lib cromatix di folder /system/lib dan /system/vendor/lib lalu pindahin semua file di folder/system/lib/egl Gapps Full:  disini  395MB  Mini:  disini  217MB Micro:  disini  170MB Nano:  disini  118MB (Recomended) Pico 1:  disini  88MB Pico 2:  disini  35MB Flash via CWM tanpa melakukan wipe Warning!

Pengacara Senior Adnan Buyung Nasution Meninggal Dunia

Jakarta- Kabar duka datang dari ranah hukum. Pengacara senior Adnan Buyung Nasution meninggal dunia. Buyung selama beberapa hari ini memang menjalani perawatan di RS Pondok Indah, Jaksel. Buyung menghembuskan nafas terakhir pada pukul 10.17 WIB, Rabu (23/9/2015). Buyung menjalani perawatan sejak Jumat pekan lalu. "Keluarga ada di rumah sakit semua sekarang," terang seorang perempuan yang berada di rumah Buyung di Lebak Bulus, Jaksel. Kabar Buyung meninggal dunia ini juga sudah ramai disampaikan media sosial. Di berbagai forum juga menyampaikan duka untuk pria berusia 81 tahun yang akrab disapa Bang Buyung ini.(erd/dra) Sumber : detik.com (catatan inovLy) Pengacara Senior Adnan Buyung Nasution Meninggal Dunia .